Menikmati Ketinggian di Umbul Sidomukti

DSC_3263
Umbul Sidomukti di ketinggian

Terkadang sesekali kita membutuhkan ketenangan. Pergi jauh dari hingar bingar dan riuhnya aktivitas perkotaan yang membosankan.
Rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja jika tak disadari bisa menumbuhkan ”penyakit” kronis yang tak mau pergi.
Barangkali itulah yang jadi salah satu alasan saya dan teman-teman wartawan ekonomi di Semarang memilih pergi ”menyepi ” di Umbul Sidomukti Bandungan.
Tempat di ketinggian ini benar-benar membuat takjub, belum lagi kolam renang alam dengan settingan batu alam kian menggoda untuk menyelaminya. Wew, bagaikan surga saja kurasakan… Alhasil kami pun memutuskan berkemah, kembali ke masa-masa indah saat sekolah (halah) dengan makanan seadanya tapi pemandangan tiada duanya.

DSC_3487
Beautiful view in the morning

Untuk bisa mengakses tempat ini memang tak terlampau sulit, asalkan sampai ke Pasar Jimbaran sebelum menuju Bandungan berbeloklah ke kanan kalau dari arah Semarang.
Perjalanannya sekitar 4 atau 5 kilometer sampai ke lereng gunung Ungaran itu. Saran saya, pastikan kendaraan fit benar karena jalan tak terlampau mulus. Motor atau mobil tak masalah yang penting kuat naik tanjakan yang super duper terjal.

DSC_3339
Selain wisata yang ada sekarang, pengelola Umbul Sidomukti akan segera merealisasikan wisata agro dalam waktu dekat, menyusul kesiapan lahan serta menjelang masuknya musim penghujan.
Persiapan infrastruktur ini juga didukung operasionalisasi 10 unit villa dan ruang pertemuan berkapasitas hingga 50 orang. Direktur PT Panorama Agro Sidomukti Bambang Ari Wijanarko mengatakan, saat ini lahan yang dimanfaatkan untuk areal wisata kolam renang dan outbound baru sekitar sembilan hektare, sedangkan sisanya lebih dari 20 hektare masih belum dimanfaatkan secara optimal.
DSC_3551
Pihaknya sebagai pengelola sudah menyiapkan kebutuhan untuk agrowisata hanya menunggu masuknya musim penghujan, sebab itulah saat yang tepat untuk mengolah tanah dan lahan pertanian.
’’Kami akan fokus ke hortikultura dan sayuran organik. Selain itu ke depan kami juga akan membuka semacam pemerahan sapi. Jadi pengunjung bisa mempraktikkan langsung cara bercocok tanam, bermain kerbau atau memerah susu sapi,’’ katanya.
Penanaman buah stroberi juga akan menjadi salah satu hal yang ditawarkan dalam paket agrowisata tersebut.
Bambang optimistis, tambahan fasilitas wisata agro ini akan menjadi alternatif tujuan bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke umbul Sidomukti yang berada di lereng gunung Ungaran di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang ini.

DSC_3438

Serunya berkemping!

Dijelaskan, rata-rata jumlah kunjungan saat ini sekitar 1.500 orang/minggu atau 6.000 wisatawan dalam satu bulannya. Sebagian besar memanfaatkan waktu berliburnya dengan berenang di kolam yang berasal dari sumber air, mencoba permainan menantang dalam outbound dan berkemah dalam area camping ground yang sudah dipersiapkan.
Pihak pengelola saat ini juga sedang melakukan finishing atau tahapan akhir dalam penyelesaian 10 unit villa yang masing-masing terdapat dua kamar berkapasitas empat orang. Finishing itu juga sekaligus menunggu permohonan penyambungan listrik oleh PT PLN.

DSC_3417

Enjoy a glass of coffee in the morning...

Meski masih belum dioperasikan, permintaan untuk reservasi villa bertarif Rp 450 ribu/malam dan ruang pertemuan ini sudah cukup banyak. Tak hanya dari perseorangan, tetapi juga dari instansi swasta/pemerintah
dan institusi pendidikan. Nah, kalau ada yang berminat sepertinya harus menunggu satu atau dua bulan lagi deh tapi yakinlah pemandangan dari vila di ketinggian ini tak akan mengecewakan.🙂

DSC_3470

Wanna try this? wew...

Di sini pun kita bisa mencoba berbagai permainan menantang mulai dari flying fox, reppeling, atau mencoba motor beroda tiga naik turun bukit. Wow seru banget! Dan yang jelas jangan lewatkan untuk berenang di ketinggian. Bisa jadi kolam renang yang ada di sini menjadi kolam renang tertinggi di Indonesia..he3…
Air kolam yang berasal dari sumber ini memang lumayan dingin tapi dijamin seger banget.

DSC_3580

Satu dari beberapa kolam yang ada

Untuk bisa camping disini cukup bayar Rp 15 ribu/orang, kalau tak ingin repot bawa perlengkapan camping sewa saja tenda dome yang bisa digunakan untuk 2-3 orang. Tenda ini harganya cuma Rp 25 ribu saja. Makanan? Bawa saja yang instan dan cemilan lain karena kompor pun bisa menyewa dengan membayar Rp 15 ribu-Rp 20 ribu. Kalau tak mau repot lagi, disana ada juga restoran dengan menu tak kalah nikmat. Tapi hanya buka sampai sore saja loo…
Jadi sepertinya tak ada alasan untuk tidak mencoba sensasi alam di ketinggian yang murah meriah ini kan??

Ready for swim

~ by modestafiska on October 29, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: