Cinta Jamal dan Latika

Akhirnya baru tengah malam ini aku bisa memuaskan rasa penasaranku terhadap film Slumdog Millionaire yang barusan dapat penghargaan Golden Globe 2009 untuk banyak kategori.

Mataku terbuka nggak bisa sekejab saja tidur..Ya, aku sudah begitu terbiasa berinteraksi (halah, baca : berkomunikasi) dari jarak jauh hingga lewat tengah malam. Jadi kalau sekarang tidak ada yg dikerjakan aku merasa hampa. Ada rasa yang hilang entah kemana..(sigh)

cinta Jamal dan Latika

cinta Jamal dan Latika

Melihat kegigihan Jamal Malik (Dev Patel) mencari cinta Latika (Frieda Pinto)membuatku cukup trenyuh. Menyaksikan pahit getir kehidupan Jamal dan Salim (kakaknya) sedari kecil rasanya miris juga. Potret kekumuhan (slum)tertangkap jelas di salah satu sudut Kota Mumbai India.

Kekuatan harapan yang tiada kunjung putus dari Jamal ditampilkan apik oleh sutradara Inggris Danny Boyle. Film Bollywood ini betul-betul diramu Boyle bersama asisten sutradara Loveleen Tandan yang asli India. Entah hasilnya film Bollywood berasa Hollywood atau sebaliknya.

Jamal merupakan pemuda tak berpendidikan yang tumbuh di kawasan kumuh Kota Mumbai. Saat menjadi peserta kuis Who Wants to Be A Millionaire, Jamal benar-benar memikat seluruh warga India. Dia menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan Prem Kumar (Anil Kapoor)dengan mulus. Lewat kuis yang juga pernah ditayangkan di RCTI dengan pemandu Tatowi Yahya, perjalanan hidup Jamal dikisahkan.

Sampai di pertanyaan berhadiah 10 juta rupee berhasil dijawab, Jamal dijebloskan ke kantor polisi karena dikira curang. Ia disiksa dan diminta mengatakan sejujurnya darimana ia bisa mengetahui semua jawabannya dengan benar.

Kilas balik kehidupannya dan setiap pengalaman masa kecilnya membuat Jamal berhasil melalui rangkaian kuis dengan baik. Orang tidak akan percaya mengingat pemuda ini bahkan tak bisa menyelesaikan sekolahnya.

Namun hidup di jalanan yang begitu keras membuatnya tangguh menghadapi situasi apapun. Ia begitu percaya diri. Seteguh keyakinannya bahwa Latika, wanita yang dicintainya tidak akan melewatkan acara kuis. Jamal tiada putus asa mencari Latika dan memperjuangkan cintanya itu.

Satu persatu kisah ini dipaparkan dengan suguhan gambar yang artistik dan menarik. Menyentuh hati. Juga betapa Latika harus berjuang keluar dari cengkeraman sang germo, saat Jamal bekerja menjadi pedagang asongan di kereta api, guide, juga betapa dia amat mengagumi Amita Bachan, sang aktor. (Kamu harus simak bagian yang ini, karena lucu banget…adegan nyemplung ke kali ”septictank” dilakukan demi bertemu Amita yang turun dari helikopter menyapa penggemarnya…:)

Yang jelas, kemenangannya dalam kuis membuat Jamal jadi jutawan dan menemui Latika tersayangnya. Seperti janji Jamal, setiap hari dia akan menunggu Latika di stasiun pukul 5 sore.  Rutinitas yang dilakukan sampai akhirnya dia jadi jutawan, karena dia tahu Latika akan datang menemuinya.

Wheeww…akhirnya cinta itu datang juga menemukan belahan jiwanya. Tak peduli Latika pernah hampir dilacurkan, tak peduli Latika dijual oleh kakaknya sendiri ke seorang pengusaha yang tidak pernah dicintainya dan selalu menganiaya dia…

Cinta memang selalu memaafkan. Dan cinta juga mau menerima segala kekurangan juga kelebihan yang kita punya… Menjadi sebuah kisah yang indah jika kita selalu merasa dicintai karena segala cara akan dilakukan untuk membuat kita bahagia…

~ by modestafiska on March 9, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: